Distributor Pulsa

Distributor pulsa merupakan bisnis pulsa elektrik yang saat ini menjadi bisnis yang ramai di jalankan. Market dari bisnis ini sangat besar sekali, karena pengguna handphone di indonesia yang terus bertambah.  Dengan peluang yang besar itu maka akan semakin besar juga peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Menjadi Distributor pulsa membutuhkan biaya yang cukup besar, biaya itu digunakan untuk pembelian perangkat dan stok pulsa dari dealer atau supplier pulsa. Perangkat yang digunakan yaitu komputer Server, komputer client, modem simbox untuk chip transaksi dan center transaksi, serta koneksi internet, dan tentunya software pulsanya.

Namung begitu, tidak harus dengan peralatan yang lengkap untuk menjadi distributor pulsa , biaya investasi di bisnis ini bisa di tekan dengan terlebih dahulu menentukan apakah akan jadi distributor besar langsung atau jadi distributor yang kecil terlebih dahulu. Jika mau mulai dari bawah dahulu, maka banyak biaya yang bisa dikurangi.

Untuk distributor pulsa kecil cukup dengan menggunakan 1 buah komputer yang berfungsi sebagai server sekaligus client. Gunakanlah software server pulsa yang murah, banyak software pulsa yang murah, bisa cari info di google . Satu modem simbox 8 port untuk sms center dan sms reply ke agen. Kebutuhan chip dari dealer seperti Mkios, Dompul, dan SEV maih belum terlalu dibutuhkan, dan terakhir koneksi internet.

Lalu, jika tidak menggunakan chip dari dealer bagaimana memproses transaksi konsumen ?. Sebagai distributor pulsa kecil cukup dengan host ke supplier lain atau distributor lain. Proses transaksi host menggunakan media internet, bisa memakai aplikasi chating atau aplikasi transaksi h2h (server to server). Software pulsa Standart saat ini sudah menyediakan semua aplikasi tersebut.

Bekerjasama dengan supplier untuk transaksi ke mereka lebih mudah di bandingkan dengan bekerjasama dengan dealer provider untuk menggunakan chip transaksi mereka. Karena menggunakan chip itu ada target dari dealer yang harus di penuhi. Sedangkan jika melalui supplier sifatnya saldo transaksi dan tidak ada target yang harus di penuhi.

Memasarkan produk dari distributor pulsa ini seperti pulsa elektrik, pulsa game, pulsa listrik, pembayaran PPOB (PLN, PDAM, TELKOM) tidaklah sulit. Bisa memakai pemasaran dari mulut ke mulut atau bisa juga dengan menggunakan iklan atau banner. Jika ingin menggunakan iklan, saat ini periklanan online yang lebih efektif dibadingkan dengan iklan koran atau brosur.

Bisa menggunakan iklan facebook , dengan menjangkau para pengguna handphone di media social facebook. Juga bisa menggunakan marketing google , dengan membuat website dan di iklankan di google adwords .

Tentunya perlu di perhitungkan anggaran atau biaya marketing sehingga tidak sampai merugi karena terlalu besar pengeluaran biaya marketingnya. Menjadi distributor pulsa  yang besar memang tidak mudah. Membutuhkan waktu, tenaga dan tentunya biaya yang terbilang besar.

 

 

 

Post author